Tips Menghindari Rasa Mengantuk Ketika Mengemudi

Tidak sedikit kecelakaan yang terjadi di jalan raya diakibatkan oleh alasannya ialah pengemudi yang mengantuk. Ini sangat berbahaya. Lengah sedikit saja, maka akan fatal akibatnya. Nyawalah taruhannya.

Nah, dalam kesempatan kali ini, akan kami berikan beberapa tips yang bisa dilakukan pengemudi ketika mengantuk:

Tips pertama: Mengemudilah dalam posisi tangan berimbang. Imbang dalam memegang kemudi, yaitu posisi tangan ada di jam 9 dan jam 3. Lalu letakkan siku kanan di pundak sandaran pintu mobil. Hal ini akan membantu kestabilan arah kemudi.

Tips kedua: Makan permen. Saat akan berangkat, hendaklah selalu siapkan permen di kendaraan beroda empat Anda. Jika mungkin, permen yang rasa mint atau kopi. Atau bisa juga jenis permen yang lainnya. Gerakan mengunyah permen yang dilakukan oleh verbal juga akan mengurangi kantuk.

Tips ketiga: Lakukan senam lidah. Caranya, gunakan ujung pengecap untuk menggelitik langit-langit mulut. Gerakan pengecap ini akan bisa merangsang sel-sel saraf otak biar kita tidak mengantuk. Jika ada sobat perjalanan, silakan pijit area tengkuk dan belakang kepala Anda.

Tips keempat: Jika ada kesempatan untuk berhenti, maka lakukanlah exercice berupa gerakan-gerakan ringan pada kepala, tangan, tubuh, dan kaki. Cara ini efektif untuk menghilangkan rasa kantuk.

Jika ke empat tips diatas sudah dilakukan, tetapi rasa kantuk tidak juga menghilang, rasanya sudah saatnya Anda untuk istirahat atau tidur sejenak. Apalagi ketika mudik lebaran, banyak pos-pos pulang kampung yang menyediakan kawasan istirahat gratis.