Kenali Penyebab Aki Cepat Tekor Dari Dini

BINTANGOTOMOTIF.COM – Bagi anda para pemilik kendaraan bermotor pastinya tak mewaspadai lagi betapa pentingnya fungsi aki bagi kendaraan anda. Ya aki merupakan komponen vital yang menjadi penopang sistem kelistrikan di kendaraan anda.

Starter, klakson, lampu, sein merupakan beberapa sistem kelistrikan yang ada dikendaraan anda yang juga turut ditopang oleh komponen aki atau accumulator. Oleh karenya kebayang bukan kalau aki kita tengah rusak, soak, tekor atau sudah tak sanggup lagi digunakan.

Tak hanya besar lengan berkuasa terhadap beberapa sistem kelistrikan semata, namun usang kelamaan kalau terus didiamkan akan berbuntut ke aneka macam sistem lainnya. Hal tersebut tentu acap kali terjadi bagi para pemiliki kendaraan bermotor baik roda empat maupun dua.

Banyak hal tentunya yang sanggup menciptakan aki motor cepat soak ataupun mati, bahkan terkadang hal-hal yang tak terduga sama sekali sanggup menjadi faktor utama dari aki cepat tekor. Nah bagi anda yang ingin mengetahui secara detail dan niscaya mengenai apa saja yang sanggup menciptakan aki cepat rusak, simak isu dibawah ini:

Penyebab Aki Cepat Tekor

1. KlaksonSering kali kita jumpai para biker yang memasang klakson kendaraan beroda empat di sepeda motor. Modifikasi ini tentu tidak dianjurkan alasannya piranti tersebut membutuhkan suplai listrik yang besar.

2. KiprokKomponen ini fungsi utamanya yakni untuk membatasi tegangan dari generator atau yang biasa disebut spull Perlu anda ketahui besarnya tegangan yang dikeluarkan generator ini tergantung pada putaran mesin, artinya semakin tinggi putaran mesin maka semakin tinggi pula tegangan yang dikerluarkan. Nah alasannya tegangan tersebut dipakai untuk mengisi baterai maka besarnya harus dibatasi. Jika kiprok rusak maka imbasnya baterai akan mengalami overcharging atau sebaliknya. Untuk itu lakukan pengecekan apakah pengisian normal atau tidak.

Caranya dengan menghidupkan mesin antara 4000- 5000 RPM lalu periksa tegangan pengisian. Tegangan pengisian yang baik yakni 14-15 volt.

3. Bore UpMungkin anda bertanya-tanya, kenapa bore up sanggup menyebabkan aki menjadi tekor. Banyak para biker yang melaksanakan bore up guna meningkatkan kapasitas silinder, akan tetapi tanpa diikuti upgrade elektrik starter. Akibatnya alasannya kompresi tinggi, elektrik starter menjadi sangat berat untuk memutarkan mesin. Lantaran terus dipaksa, aki sanggup menjadi tekor.

4. Lampu HIDMemasang lampu HID memang menciptakan nyala lampu lebih jelas ketimbang standarnya. Namun perlu diingat perangkat ini membutuhkan suplay listrik yang besar. Jika tidak diadaptasi dengan spul pengisian, alhasil aki cepat tekor.