Akhir 2015, Kendaraan Beroda Empat Sokon Akan Serbu Pasar Indonesia!

Indonesia ialah salah satu negara yang potensial untuk pasar otomotif dunia. Salah satu buktinya ialah kehadiran merek kendaraan beroda empat gres Sokon. Mobil dengan brand “Sokon” ini akan hadir di Indonesia pada simpulan tahun 2015 melalui investasi perusahaan asal Tiongkok Sokon di Tanah Air sebesar 150 juta dollar AS.

“Perusahaannya namanya PT Sokonindo Automobile. Di Tiongkok, Sokon memproduksi 400 ribu unit per tahun. Di Indonesia, kami akan memproduksi 50 ribu unit pada tahap awal, November 2015,” kata Komisaris PT Sokonindo Automobile Alexander Barus di Jakarta, Kamis sebagaimana dilansir AntaraNews.com, (23/7).

Lebih lanjut, Alex menyampaikan bahwa produksi kendaraan beroda empat Sokon akan memanfaatkan pabrik yang dulunya memproduksi motor brand “Sanex”, yang dikala ini tidak lagi berproduksi di Jalan Raya Industri Modern, Cikande, Serang, Banten.

Menurut dia, pabrik yang akan direnovasi menjadi empat “layer” tersebut akan memproduksi kendaraan beroda empat jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) 1.300 cc berbahan bakar bensin dan 1.500 cc berbahan bakar diesel.

Alex menyampaikan, pada produksi tahap pertama, pabrik tersebut akan mengimpor seluruh materi baku dari Tiongkok dan merakitnya di Indonesia, namun perlahan-lahan, Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) nya akan ditingkatkan.

“Untuk tahap awal, semua komponen murni dari Tiongkok. Kemudian, untuk pengembangan berikutnya, lima tahun ke depan kami dapat maksimum 20 persen konten Tiongkok dan 80 persen konten lokal,” ujar Alex.

Alex menambahkan, kualitas kendaraan beroda empat “Sokon” yang ada di Indonesia satu tingkat di atas kendaraan beroda empat yang diproduksi di negeri asalnya Tiongkok, baik dari segi efisiensi mesin maupun materi bakar.

Ia juga mengatakan, perusahaannya akan mengakibatkan Indonesia sebagai basis produksi kendaraan beroda empat “Sokon” di ASEAN, di mana pada tahun keempat produksi ditargetkan akan menyasar pasar ASEAN.

Meskipun belum mau menyebutkan kisaran harga kendaraan beroda empat yang akan mengaspal di Indonesia tersebut, namun Alex mengatakan, produknya akan menyasar pasar kelas menengah bawah.

“Harga kami belum dapat sampaikan, tapi cukup kompetitif lah,” katanya. (Gambar: expatads.com)